E-Meterai adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik.
FAQ
Halaman FAQ (Frequently Asked Questions) berisi jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan. Di sini, Anda dapat menemukan informasi penting terkait layanan, produk, kebijakan, dan hal-hal lain yang mungkin perlu Anda ketahui. Jika pertanyaan Anda tidak tercantum, silakan hubungi kami untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

- Apa yang dimaksud dengan e-Meterai?
- Apa itu e-KYC?
E-Meterai adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik.
- Apa itu NIK?
NIK atau Nomor Induk Kependudukan adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik, tunggal, dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.
- Apa yang dimaksud dengan SK?
SK atau Surat Keputusan adalah surat penting yang dikeluarkan sebagai bentuk tindakan dalam mengambil sebuah pilihan/keputusan.
- Siapakah Sysadmin itu?
Sysadmin adalah individu atau pihak yang menjalankan administrasi korporat (pengelolaan life cycle sertifikat, pengaturan pengguna dalam korporat, dan sebagainya) dalam aplikasi ezSign.
- Apa yang dimaksud dengan NPWP?
NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
- Apa itu OTP?
OTP atau one-time password adalah kode password yang bersifat sementara yang dapat dikirimkan melalui SMS atau email, biasanya memiliki masa berlaku singkat.
- Apa itu Balance?
Balance merupakan jumlah batasan atau kuota yang dimiliki oleh penguna ezSign untuk menandatangani dokumen.
- Apa itu Signature Image?
Signature image dapat didefinisikan sebagai sebuah tanda tangan dalam bentuk gambar (file gambar).
- Apa itu Corporate Seal?
Corporate Seal merupakan segel perusahaan yang diletakkan pada sebuah dokumen elektronik.
- Apa itu Time Stamp?
Time Stamp / Stempel Waktu adalah Penanda waktu yang berisikan informulirasi identifikasi kapan sebuah penandatanganan dilakukan, biasanya memberikan tanggal dan waktu.
- Siapa itu personal terafiliasi korporat?
Personal terafiliasi korporat adalah user yang terdaftar dalam sebuah perusahaan.
- Apa yang dapat saya lakukan dengan fitur Single Sign?
Single sign merupakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk tanda tangan tunggal pada sebuah dokumen tanpa melibatkan pihak lain.
- Apa kegunaan dari fitur Parallel Sign?
Parallel Sign merupakan fitur yang digunakan untuk menandatangani sebuah dokumen oleh lebih dari satu orang tanpa urutan tertentu (tidak berjenjang).
- Apa perbedaan dari fitur Parallel Sign dengan Hierarchy?
Perbedaan Hierarchy Sign dengan Parallel Sign terletak pada urutan penanda tangan. Dengan menggunakan fitur Hierarchy Sign, Anda dapat menentukan urutan penanda tangan.
- Apa itu fitur Ask From Others?
Fitur Ask From Others adalah fitur yang dapat Anda gunakan bila hanya ingin meminta tanda tangan dari pihak lain tanpa Anda turut serta menanda tangani dokumen tersebut.
- Bila saya ingin menandatangani banyak dokumen sekaligus, apakah saya perlu melakukan cara yang sama berulang kali?
Dengan fitur Bulk Sign Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menanda tangani banyak dokumen sekaligus hanya dalam satu proses
- Apa kegunaan dari fitur Document Template?
Document template dapat Anda gunakan ketika file template memiliki formulirat tertentu yang digunakan untuk sekelompok dokumen atau dokumen tertentu.
- Ada berapa jenis sertifikat akun?
Terdapat dua jenis sertifikat akun dalam layanan ezSign
- Sertifikat akun personal, yaitu sertifikat yang dimiliki oleh perseorangan untuk penandatanganan dokumen
- Sertifikat akun korporat, yaitu sertifikat yang digunakan oleh pengguna yang terlibat dalam sebuah company dalam penandatanganan dokumen (sebagai pegawai / jabatan lainnya).
- Berapa lama masa berlaku sertifikat elektronik?
Sertifikat elektronik ezSign berlaku selama 1 tahun dan dapat dilakukan perpanjangan masa berlakunya.
- Bagaimana jika saya selalu gagal pada proses e-KYC?
Pastikan jaringan internet yang Anda gunakan stabil, pastikan pula bahwa Anda tidak sedang menggunakan aksesoris tambahan seperti kacamata, topi, ataupun topeng. Bila Anda mengalami gagal dalam 3x percobaan tes e-KYC silahkan untuk menghubungi kami melalui email helpdesk@esign.id dengan menginformasikan alamat email yang Anda gunakan beserta lampiran tangkapan layar halaman website.
- Apa yang saya harus lakukan jika tidak mendapat email verfikasi?
Jika Anda tidak menerima email verifikasi, pastikan terlebih dahulu apakah jaringan internet yang Anda gunakan telah pada kondisi stabil, setelah itu cek bagian kotak masuk atau spam pada email Anda. Jika Anda tetap tidak menemukan email tersebut, maka Anda dapat melakukan registrasi ulang.
- Bagaimana jika saya tidak mendapat kode OTP?
Anda perlu memastikan jaringan yang Anda gunakan dalam kondisi stabil dan/atau nomor telepon yang Anda masukkan telah sesuai. Jika masih mengalami kendala, Anda dapat menghubungi tim kami melalui alamat email helpdesk@esign.id dengan menjelaskan kronologi dan juga menginformasikan alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar.
- Apa yang perlu saya lakukan ketika mengalami gagal log in?
Pastikan email dan juga password yang Anda inputkan sudah benar, jika Anda mengalami 3x gagal log in maka akun Anda akan terkunci dan Anda dapat mencoba log in kembali setelah 3 menit.
- Bagaimana jika saya lupa akun email yang saya daftarkan?
Anda dapat menghubungi kami melalui email helpdesk@esign.id
- Saya lupa dengan password yang saya gunakan, apa yang harus saya lakukan?
- Klik Forgot Password
- Masukkan alamat email, lalu klik 'Reset Password'
- Cek email lalu klik 'Reset Password'
- Masukkan password baru, lalu klik 'Reset Password'
- Setelah ganti password berhasil, user dapat mencoba melakukan proses log in akun kembali.
- Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftar akun ritel?
Untuk mendaftar akun ritel, Anda hanya perlu menyiapkan foto KTP, email, dan No Telepon yang masih aktif.
- Dokumen apa saja yang perlu disiapkan perwakilan korporat dalam mendaftar akun korporat?
Perwakilan korporat perlu menyiapkan file Akta Pendirian Perusahaan, SK Kemenkumham, NPWP & No. NIB, serta menyiapkan email Sysadmin yang masih aktif.
- Bagaimana jika dokumen yang telah tertanda tangani terhapus dari aplikasi ezSign?
ezSign merupakan aplikasi yang melindungi data pengguna, sehingga tim kami tidak dapat mengakses data yang Anda miliki. Jika terjadi dokumen terhapus maka dokumen tersebut tidak dapat dikembalikan.
- Bagaimana cara saya mengetahui validitas dari dokumen elektronik saya?
Terdapat berbagai cara dalam memverifikasi dokumen elektronik:
- Melalui laman resmi milik KOMINFO pada https://tte.kominfo.go.id/verifyPDF dan upload dokumen yang ingin anda verifikasi.
- Anda dapat menggunakan pembaca dokumen seperti adobe reader (seperti pada manual book).
- Berapa lama proses verifikasi akun ezSign?
Proses verifikasi akun akan dilakukan oleh tim RA ezSign dalam rentang waktu 1x24 jam.
- Bagaimana cara menonaktifkan sertfikat elektronik (Revoke Sertfikat)?
Berikut adalah tata cara pengajuan Revoke sertifikat ezSign :
- Ajukan permohonan revoke sertifikat melalui email helpdesk@esign.id dan menginformasikan terkait email dan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar aku ezSign.
- User menerima form permohonan revoke dari RA.
- Lengkapi form permohonan dan ditanda tangani dengan menggunakan sertifikat elektronik yang hendak direvoke.
- RA administrator akan melakukan verifikasi dan pengecekan kesesuaian data pemohon.
- Jika data telah sesuai, tim RA akan melakukan revoke terhadap sertifikat user pemohon.
- User akan mendapatkan email notifikasi bahwa sertifikat berhasil direvoke.
- Bagaimana cara menonaktifkan sertifikat elektronik (Revoke Sertfikat) untuk user dari pihak yang berwenang?
Berikut adalah tata cara pengajuan Revoke sertifikat ezSign dari pihak yang berwenang :
- Pemohon mengirimkan permohonan revoke sertifikat melalui email dengan menyertakan Surat Penugasan Perwakilan Resmi dan/atau Surat Kuasa (yang ditandatangani oleh user menggunakan tanda tangan elektronik). Jika melampirkan surat kuasa dari user, maka surat kuasa harus ditanda tangani secara elektronik menggunakan sertifikat elektronik.
- Tim RA ezSign akan melakukan verifikasi dan autentikasi terhadpa data permohonan yang diajukan.
- Jika sudah terverifikasi maka tim RA akan melakukan pencabutan sertifikat (revoke) terhadap sertifikat elektronik yang dimohonkan.
- Pemilik sertifikat akan mendapatkan email notifikasi bahwa sertifikat berhasil direvoke.
- Bagaimana cara mengaktifkan kembali sertifikat elektronik yang telah kedaluarsa?
Sertifikat yang sudah habis masa aktifnya (expired) maka sertifikat tersebut menjadi tidak valid. Maka perlu dilakukan pendaftaran ulang untuk mengaktifkan kembali sertifikat elektronik yang sudah kedaluarsa. Berikut adalah langkah-langkahnya :
- Log In akun ezSign
- Pilih menu setting, lalu klik “Profile”.
- Klik 'Daftar Ulang'.
- Lakukan proses e-KYC.
- Menunggu approval dari tim RA ezSign.
- Jika data permohonan sudha berhasil divalidasi, maka lakukan proses pembayaran.
- Setelah pembayaran berhasil, maka sertfikat akan secara otomatis kembali aktif.
- Bagaimana cara melakukan rekey sertifikat sebelum kedaluarsa?
Cara untuk melakukan proses ini adalah :
- Log In akun ezSign
- Pilih menu setting, lalu klik “Profile”.
- Klik “Re-Key”.
- RA mengirim form permohonan re-key pada user.
- Isikan form permohonan dan ditandatangani secara elektronik dengan sertifikat yang akan di re-key.
- Menunggu approval dari RA Administrator e Sign.
- Jika data permohonan sudah berhasil divalidasi, maka lakukan pembayaran.
- Setelah pembayaran berhasil, maka secara otomatis sertifikat telah aktif kembali.
- User mendapatkan notifikasi bahwa sertifikat telah aktif kembali.
- Bagaimana cara mengganti nomor telepon yang terdaftar di aplikasi ezSign?
Untuk mengganti nomor telepon yang Anda daftarkan dalam aplikasi ezSign, Anda dapat mengikuti langkah berikut:
- Log In akun ezSign
- Pilih menu 'My Account'
- Pada bagian bawah profile terdapat nomor telepon yang terdaftar, klik logo edit
- Masukkan nomor telepon yang baru, kode OTP, dan juga password.
- Klik 'update'
- Bagaimana cara mengganti email yang terdaftar?
Email yang telah terdaftar tidak dapat diubah, sehingga pastikan saat proses pendaftaran bahwa alat email yang didaftarkan telah sesuai.
- Bagaimana agar Saya mengetahui nomor serial sertifikat elektronik saya?
Nomor serial sertifikat elektronik dapat dilihat dengan cara:
- Log in akun ezSign
- Pada bagian pojok kanan atas klik 'My Profile'
- Pada bagian 'my Digital Sertificate' dapat terlihat serial sertifikat akun Anda.
- Apa yang terjadi jika sertifikat elektronik saya dicabut atau sedang dalam masa tenggang?
Selama sertifikat Anda berada masa tegang, atau sudah expired, maka Anda tidak dapat menggunakan layanan ezSign
- Untuk metode pembayaran kamu
untuk pembayaran kami menyediakan berbagai opsi yang mempermudah transasksi Anda! diantaranya adalah transfer bank maupun QRcode.
- Bagaimana cara saya mengetahui masa aktif sertifikat elektronik saya?
Masa aktif sertifikat elektronik dapat dilihat dengan cara:
- Log in akun ezSign
- Pada bagian pojok kanan atas klik 'My Profile'
- Pada bagian 'my Digital Sertificate'.
- Pada bagian bawah nomor serial sertifikat akan terlihat masa aktif sertifikat elektronik Anda.
- Apakah ezSign berada di bawah pengawasan hukum?
ezSign merupakan penyelenggara sertifikasi elektronik yang berada di bawah pengawasan Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO).
- Apa standar keamanan informasi ezSign?
ezSign menggunakan sistem manajemen keamanan informasi berstandar internasional dengan sertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan data baik secara teknis, organisasi, maupun operasional.
- Apakah tanda tangan digital menggunakan ezSign aman?
Tanda tangan elektronik menggunakan aplikasi ezSign terjamin keamanannya karena:
- Tanda tangan elektronik ezSign menggunakan enkripsi yang menerapkan teknologi kriptografi asimetris sehingga tanda tangan Anda menjadi sangat sulit dipalsukan.
- Dokumen elektronik Anda dikiri secara langsung tanpa melalui pihak ketiga sehingga tidak ada risiko kebocoran informulirasi.
- Apa sistem keamanan yang digunakan ezSign?
Sistem keamanan yang digunakan oleh ezSign antara lain:
- OTP yang berfungsi sebagai metode 2 faktor autentikasi untuk mengidentifikasi dan mengautentikasi penandatangan.
- SHA 256 yang berfungsi sebagai otentifikasi dokumen.
- RSA 2048 byte yang berfungsi untuk verifikasi tanda tangan digital dan membuat pasangan kunci.
- Menggunakan hardware cryptographic modules yang berstandar FIPS 140-2 level 3
- Dokumen apa saja yang perlu saya siapkan untuk mendaftar ezSign akun korporat?
Untuk mendaftar ezSign akun korporat, Anda perlu menyiapkan dokumen:
- Akta pendirian badan usaha
- SK Kemenkumham
- NPWP dan No. NIB
- Email sysadmin corporate
- Siapa yang dapat mendaftarkan korporat dalam aplikasi ezSign?
Perwakilan perusahaan yang dapat mendaftarkan perusahaannya pada aplikasi ezSign adalah perwakilan yang namanya tercantum dalam akta pendirian perusahaan.
- Bagaimana cara Saya mendapatkan sertifikat korporat?
Berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan sertifikat akun korporat:
- Log In pada akun retail ezSign yang sebelumnya telah dibuat oleh perwakilan korporat.
- Masuk ke menu setting -> profile -> klik add korporat.
- Lengkapi seluruh biodata dan dokumen pendukung perusahaan.
- Tim RA ezSign akan melakukan verifikasi terhadap permohonan dan dokumen yang diajukan oleh korporat.
- Sysadmin korporat menerima email verifikasi apabila data benar dan sesuai.
- Sysadmin korporat melakukan verifikasi diri dengan melakukan e-KYC.
- Sysadmin korporat yang telah diverifikasi melakukan pembelian paket layanan dan pembayaran.
- Setelah pembayaran berhasil, maka secara otomatis sertifikat elektronik korporat akan terbit.
- Bagaimana cara menonaktifkan/revoke akun user korporat?
Untuk menonaktifkan akun user korporat pemohon dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Pemohon dapat mengajukan permohonan revoke sertifikat melalui email helpdesk dengan menambahkan cc pada email sysadmin korporat serta alasan permohonan revoke
- Tim RA ezSign akan mengirimkan formulir permohonan pencabutan sertifikat/revoke dengan membalas email pemohon disertai dengan cc terhadap sysadmin
- Pemohon mengisikan formulir permohonan pencabutan sertifikat/revoke yang ditandatangani dengan menggunakan sertifikat elektronik yang hendak dilakukan revoke sertifikat.
- Tim RA ezSign akan melakukan verifikasi dan pengecekan kesesuaian data pemohon.
- Jika data telah sesuai, tim RA akan melakukan pencabutan sertifikat user korporat yang diajukan.
- Sysadmin korporat akan mendapatkan email notifikasi bahwa proses revoke telah berhasil.
- Bagaimana cara menonaktifkan sertifikat elektronik untuk user dari pihak berwenang?
Berikut adalah langkah yang dilakukan untuk menonaktifkan sertifikat user dari pihak berwenang:
- Pemohon mengirimkan permohonan revoke sertifikat melalui email dengan menyertakan Surat Penugasan Perwakilan Resmi dan/atau Surat Kuasa (yang ditanda tangani oleh user menggunakan tanda tangan elektronik ezSign.
- Tim RA ezSign akan melakukan verifikasi dan autentikasi terhadap data permohonan yang diajukan.
- Jika sudah terverifikasi maka tim RA akan melakukan pencabutan sertifikat (revoke) terhadap sertifikat elektronik yang dimohonkan.
- Pemilik sertifikat akan mendapatkan email notifikasi bahwa sertifikat berhasil direvoke.
- Bagaimana cara menonaktifkan sertifikat elektronik untuk user dari Sysadmin Korporat?
Sysadmin mengajukan permohonan pencabutan sertifikat untuk personal terafiliasi korporat kepada tim RA ezSign yang disertai :
- Dokumen atau surat yang menunjukkan bahwa karyawan sudah tidak bekerja atau berfiliasi dengan badan usaha tersebut. (*dokumen atau surat harus ditanda tangani secara elektronik menggunakan aplikasi ezSign)
- Dokumen atau surat menyertakan alamat email personal terafiliasi korporat yang akan dicabut sertifikatnya.
- Tim RA ezSign akan memverifikasi dokume atau surat yang diajukan oleh Sysadmin.
- Jika terverifikasi maka tim RA ezSign akan mencabut sertifikat (revoke) personal terafiliasi korporat tersebut dan personal terafiliasi korporat akan menerima email notifikasi bahwa sertifikat berhasil di revoke
- Apa saja yang dibutuhkan untuk autentikasi identitas karyawan yang didaftarkan melalui akun corporate?
Berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar user korporat adalah:
- Foto KTP user
- Nomor Telepon aktif
- Email yang terdaftar pada domain perusahaan
- Berapa lama proses aktivasi akun korporat ezSign?
Tim RA ezSign akan memproses aktivasi akun korporat dalam 1x24 jam.
- Bagaimana cara top up balance untuk akun korporat di ezSign?
- Pembayaran dapat dilakukan melalui akun sysadmin pada menu 'Services', lalu pilih 'Top Up'.
- Tentukan jumlah top up kuota
- Pilih metode pembayaran, lalu klik 'Create Order'
- Lakukan pembayaran (maks 1x24 jam)
- Bagaimana cara saya menggunakan fitur template?
Jika Anda ingin menggunakan fitur template, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Pilih menu template.
- Klik 'Create new template'.
- Beri nama template.
- Atur spesimen tanda tangan lalu klik 'save'.
- Bagaimana cara tanda tangan menggunakan bulk sign?
Berikut adalah langkah yang perlu Anda lakukan dalam melakukan bulk signing?
- Sebelum melakukan bulk sign Anda harus membuat sebuah template yang terdapat pada menu ezSign.
- Pilih menu bulk sign.
- Klik 'Create Document'.
- Upload dokumen ('zip).
- Pilih file template yang telah dibuat.
- Masukkan password.
- Request kode OTP, maka OTP akan dikirimkan melalui sms atau email.
- Masukkan kode OTP dan klik 'Sign'.
- Apa itu ezSign?
ezSign merupakan lembaga penyelenggara sertifikat elektronik dan tanda tangan digital yang legal dan berinduk pada KOMINFO
- Apa itu Sertifikat Elektronik?
Sertifikat elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE).
- Apa itu Tanda Tangan Elektronik?
Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang dapat diverifikasi informasinya.
- Bagaimana cara saya mendapatkan informasi terkait product ezSign?
Untuk mendapatkan penawaran harga terkait penawaran product, Anda dapat menghubungi email sales@esign.id